Rabu, 28 November 2012

Menggali Inspirasi Motif Batik Khas Subang Dan Menggali-gali Ragam Keunikan di Kabupaten Subang



Nanas, adalah nama buah yang pertama kali di sebut oleh orang ketika menanyakan asal kota di mana saya tinggal. Apakah benar nanas merupakan symbol kota atau wilayah Kabupaten Subang? Padahal pada kenyataannya Subang memiliki kebun teh yang lumayan luas di bagian selatan dari kecamatan Ciater sampai Kecamatan Jalan Cagak, kebun buah nanas di Kecamatan Jalan Cagak, Kebun buah manggis dan durian di Kecamatan Jalan Cagak sampai Kecamatan Cijambe, di Subang Kota sampai Kecamatan Pagaden dan Kecamatan Cipunagara memproduksi buah rambutan yang melimpah setiap tahunnya, lebih ke utara lagi Kecamatan Binong, Kecamatan Compreng, Kecamatan Patokbeusi, Kecamatan Cikaum, Kecamatan Ciasem, Kecamatan Pusakanegara merupakan pusat lumbung padi Jawa Barat. Dari utara kita pergi ke barat ada Kecamatan Purwadadi, Kecamatan Pabuaran, Kecamatan Kalijati, Kecamatan Cipeundeuy terdapat beberapa kawasan industri dan perkebunan karet dan dari Barat kita tengok ke timur ada Kecamatan Cibobo terdapat beberapa pengrajin pandai besi dan pengrajin kayu rumahan. Dari timur saya akan ajak lagi pembaca ke Subang wilayah pantura ada Kecamatan Pamanukan dan Kecamatan Legonkulon merupakan pusat perdagangan kekayaan bahari dan wisata pantai dari sini kita sedikit bergeser ke barat ada Kecamatan Blanakan yang merupakan tempat penangkaran binatang buas yaitu buaya belum lagi mengenai masalah kesenian, berupa sisingaan, jaipongan, dogdog tagog, gemyung, genjring, doger, toleat dll.
Sabtu 24 November 2012 bertepatan dengan HUT PGRI ke-67, Dinas Kebudayaan Pariwisata - Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kabupaten Subang mengadakan kegiatan dan syaembara untuk menggali batik khas Subang, selain dari itu acara ini juga di meriahkan dengan lomba lukis cinta batik oleh beberapa anak-anak PAUD yang ada di Kabupaten Subang, festival UKM, dan pemberian bibit pohon kepada tamu undangan acara tersebut. Kegiatan ini pula dihadiri oleh Ibu Gubernur Jawa Barat.


Berbicara mengenai judul yang ditunjukan di atas kira-kira batik seperti apakah yang bisa mewakili semua potensi dan identitas yang ada di Kabupaten Subang? Apakah anda bingung? Saya pun demikian. Akan tetapi walaupun beda-beda potensi, Subang adalah Subang sampai kapan pun merupakan kota tempat saya di lahirkan.

Tidak ada komentar: